Sabtu, 02 Juli 2016

Bunyi Hukum Newton 2 lengkap dengan Rumus dan Contohnya dalam Kehidupan

Silahkan simak bunyi hukum newton 2 berikut,

"Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda, besarnya berbanding lurus dan searah dengan gaya itu, dan berbanding terbalik dengan massa benda"

Bunyi Hukum Newton 2 lengkap dengan Rumus dan Contohnya dalam Kehidupan 

Dari bunyi hukum 2 Newton ini, kita bisa ambil 2 kesimpulan, yaitu:
  • Besar percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan
  • Besar percepatan berbanding terbalik dengan massa benda
Masih bingung? Simak contohnya berikut;

.:: Kasus 1
Misalkan saya memiliki 2 buah kelereng dengan masa yang sama. Yang satu saya berikan sedikit gaya dorong dan yang satunya saya naikan. Nah menurut kalian manakah yang akan menghasilkan percepatan paling besar? Sudah barang tentu yang mendapatkan gaya dorong terbesar. Semakin besar gaya yang diberikan maka percepatannya pun akan semakin membesar. 

Hal ini sesuai bukan dengan hukum newton 2 yang mengatakan bahwa percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan?

.:: Kasus 2

Disini saya ambil contoh kelereng lagi. Misalkan ada dua buah kelereng, yang satu berat dan yang satunya lagi ringan. Nah kedua kelereng ini saya dorong dengan gaya yang sama. Menurut kalian manakan yang nantinya akan menghasilkan percepatan paling besar? Tentu yang beratnya paling ringan. Semakin berat suatu benda maka akan semakin kecil percepaannya.

Saya tanya lagi, ini sesuai tidak dengan hukum Newton 2 yang mengatakan bahwa besar percepatan suatu benda berbanding terbalik dengan massanya?

Rumus Hukum 2 Newton

∑F = m.a

dimana ,
∑F  = Resultan Gaya (N)
m = Massa (Kg)
a   = Percepatan (m/s2)

Share this